Jumat, 16 Agustus 2013

Membuat kartun Digimon dengan Adobe Illustrator

Yo !! Halo Sobat Indies...!!

i'm back again yo !!

Tutorial kali ini kita akan mendesain karakter kartun ya . berawal dari nostalgia saya beberapa hari ini menonton Digimon, saya jadi terinspirasi untuk membuat tutorial ini.

nih penampakan Digimon



Nah, bagaimana cara kita buat digimon kita? mari kita gunakan software yang khusus membuat kartun seperti ini...


Adobe Illustrator ! saya menggunakan Adobe Illustrator CS5. kalian masih bisa menggunakan seri dibawahnya.

oke, kita langsung saja mulai.



1. Pertama, buat kertasnya dulu dong :) ukurannya A4, rubah bidang nya menjadi landscape.




2. Buat lingkaran dengan elips tool ukuran 120 x 120 mm. Gunakan gradient tool untuk mewarnai lingkaran tersebut. Dengan model Fade to black, type nya linear, beri warna putih dan abu-abu, untuk pewarnaan lihat gambar. gunakan angle -75% untuk menentukan arah datang cahaya.




3. Kita buat telinga nya. gunakan Pen tool, bentuk segitiga seperti pada gambar. untuk pewarnaan, gunakan Gradient yang kita telah buat sebelumnya.



4. Kali ini, dengan menggunakan Convert anchor point tool lengkung-lengkungkan seperti pada gambar, perhatikan titik-titik nya ya. itu adalah sudut-sudut yang akan kalian otak-atik.



5. Kemudian kita buat bagian hidung dan mulut dengan cara yang sama seperti step sebelumnya. Kita akan lebih sering menggunakan Pen Tool dan convert anchor point tool dalam tutorial ini. sebagai latihan yang bagus. karena Pen Tool juga adalah kekuatan penting dalam men-desain.


 Nah, jadinya seperti ini. sudah mulai terlihat bentuknya kan? kira-kira digimon jenis apa ya yang akan kita buat? sudah pasti Bebek . masa Kuda. ya beda .


6. Tambahkan Alis dengan menggunakan Pen Tool, cara nya masih sama seperti step berikutnya. berikan warna hitam. perhatikan gambar.



7. Buat bagian matanya. dengan Pen Tool dan Convert anchor point tool. perhatikan peletakan titiknya. lengkungkan seperti pada gambar. kemudian beri warna putih. lalu tekan shift lalu klik kedua gambar mata yang kita buat, klik kanan lalu arrange - send to backward, hingga letak mata berada di belakang alis.



8. Buat 2 buah bola mata dengan menggunakan elips tool, seperti step 7. select kedua bola mata lalu kirim ke antara alis dan mata. seperti gambar di bawah.


9. Beri warna hijau muda pada bola mata dengan Elips Tool. seperti gambar di bawah. kalian bisa memberikan warna lain sesuai selera.



10. Lalu buat bola mata bagian dalam dengan Elips Tool. beri warna Hijau tua. seperti gambar dibawah.



11. Berikan efek pantulan cahaya pada bola mata. untuk memberikan kesan 3d. buat lingkaran dengan Elips Tool. lalu beri warna putih , hilangkan stroke nya. Seperti gambar di bawah.



12. Beri warna hidungnya , saya kasih warna merah muda.



13. Beri garis hidung dengan Pen Tool. lalu beri efek pantulan cahaya, caranya dengan menggunakan Elips Tool buat agak me-lonjong. Masih dengan Gradient yang sebelunya (fade to black) beri warna putih dan transparant. type nya linear dengan angle -75%. letakkan berdasarkan arah datang cahaya.



14. Beri warna yang sama dengan warna hidung , pada bagian mulutnya. kemudian buat lidahnya dengan Pen Tool . caranya masih sama seperti step sebelumnya ya. perhatikan letak penitikannya ya. lalu buat belahan lidah dengan Pen Tool.



15. Buat Bagian kerongkongan dengan Pen Tool dan Convert anchor point tool. lakukan seperti pada gambar.



16. Beri warna merah pada Lidah dan hitam pada kerongkongan. Klik kanan pada kerongkongan, lalu Arrange - send to backward. hingga berada di belakang lidah.



17. Saya memberikan Taring supaya Digimonnya tampak sangar. dengan menggunakan Pen Tool.



18. Buat bagian dalam telinga dengan Pen Tool dan Convert anchor point tool. bentuklah dengan se rapih mungkin. Beri warna merah muda sama seperti hidung dan mulut.



19. Lalu tambahkan kumis di sisi kiri dan kanan biar kelihatan macho ! (use Pen Tool)


20. Terakhir, Berikan efek bayangan dibawah karakter digimon kita. agar terlihat seperti menyentuh tanah. dengan menggunakan Elips tool. buat agak lonjong. beri warna abu-abu. lalu copy-paste bayangan tadi, kemudian perkecil sedikit ukurannya, letakkan seperti pada gambar.





Nah, DIGIMON saya udah jadi deh. Kelihatan seperti Kucing, babi atau kelelawar nih? kok jadi ga jelas ya? ahahahahah..

Kebetulan nama kucing peliharaan saya adalah Cupi. jadi Digimon saya namanya .......




HAHAHAAHA... Oke kan? point pentingnya adalah penguasaan Pen Tool. selamat mencicipi ya sobat Indies. Buatlah Digimon se-kreatif mungkin sesuai imajinasi.
Sampai ketemu di tutorial berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar